Menulis itu tidak sulit, yang sulit itu memulainya (Ratih Fitria Putri, 2019)

Acara Workshop Kepenulisan digelar pada hari Jum’at (20/09) bertempat di Auditorium B301 Fakultas Geografi , UGM. Acara yang merupakan program kerja dari Divisi Penelitian dan Pendidikan EGSA dihadiri oleh mahasiswa lintas angkatan dan jurusan bahkan fakultas. Tema yang diangkat ialah “Membangkitkan Kepercayaan Diri dalam Mempublikasikan Tulisan”. Acara ini bertujuan untuk membangkitkan rasa percaya diri mahasiswa dalam berkaya tulis dan meberanikan diri untuk mempublikasikan karyanya baik melalui pembuatan jurnal, essai maupun karya tulis lain baik untuk perlombaan maupun conference dan kegiatan lainnya.

Narasumber Seminar ialah salah satu dosen jurusan Geografi Lingkungan yaitu beliau Ibu Ratih Fitria Putri, S.Si, M.Sc, PhD sebagai salah satu dosen yang aktif dalam melakukan publikasi karya tulis baik jurnal, buku, maupun paper dalam Konferensi Nasional maupun Internasional. Dalam seminar ini disampaikan bahwa tulisan yang menarik dapat dilihat dari judul dan alur kepenulisan. Tulisan berkualitas memiliki karakteristik yang tidak bertele-tele sehingga inti tulisan dapat langsung diterima oleh pembaca serta memiliki manfaat bagi pembaca.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk membangkitkan kepercayaan dalam menulis. Cara pertama adalah mencoba menulis hal-hal yang disukai. Cara kedua, mencari tema tulisan yang sekiranya bermanfaat bagi pembaca sehingga dapat menjadi motivasi untuk menyelesaikan tulisan. Pesan yang disampaikan narasumber kepada mahasiswa yang kebanyakan dari jenjang S1 adalah untuk menetapkan passion nya dalam menempuh masa kuliah, mencari pengalaman sebanyak mungkin, dalam hal ini ialah pengalaman menulis dengan cara mengikuti lomba baik lomba dalam fakultas, lomba nasional maupun internasional.  

Previous slide
Next slide
Categories: Berita EGSA

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.