Sejalan dengan target EGSA dalam pengembangan jaringan eksternal dan peran EGSA dalam menyediakan wadah bagi pengurus dan anggota himpunan untuk mengenal kompetensi yang bersinggungan dengan kegiatan akademik, terutama tentang pemahaman, pengetahuan, intelektual, dan praktikal guna mempersiapkan karir setelah menyelesaikan studi sarjana, EGSA melalui Divisi Publikasi dan Informasi Jaringan (PIJ) merealisasikan target tersebut dalam kegiatan Kunjungan Instansi 2023. The Earth and Humans: United to Create a Golden Opportunity in Indonesia’s Sustainable Developments merupakan tajuk kegiatan Kunjungan Instansi EGSA tahun 2023. Terpusatnya headquarters instansi pemerintahan dan swasta di Provinsi DKI Jakarta yang lingkup kerjanya beririsan dengan kompetensi geograf mendasari pemilihan lokasi kegiatan Kunjungan Instansi EGSA tahun 2023 yaitu di lima instansi di DKI Jakarta.

Kunjungan Instansi EGSA 2023 di Esri Indonesia_1

Esri Indonesia menjadi instansi pembuka dalam rangkaian kegiatan Kunjungan Instansi EGSA pada Senin, 18 Desember 2023. Sebanyak dua puluh lima orang mahasiswa terdiri atas pengurus dan anggota EGSA UGM diterima oleh Senior Manager Solution and Technology Platform Khairul Amri, Solution Engineer Education An Nisaa Citra Hasanah, dan staff Esri lainnya. Khairul Amri dalam sambutannya menegaskan bahwa saat ini tidak ada yang lepas dari teknologi. Hal tersebut sejalan dengan pemilihan Esri sebagai salah satu instansi tujuan dalam kegiatan ini, yaitu meningkatkan exposure peserta kegiatan terhadap urgensi pengayaan kompetensi di bidang penguasaan teknologi utamanya GIS (Geographic Information System).

Sambutan dari pihak Esri Indonesia oleh Senior Manager Solution and Technology Platform, Khairul Amri
Pemaparan pembuka terkait Esri Indonesia oleh Solution Engineer Education, An Nisaa Citra Hasanah
Pemaparan pengalaman Internship at Esri

Pihak Esri Indonesia mengemas rangkaian acara kunjungan dengan sangat interaktif, sehingga memungkinkan adanya interaksi dua arah secara kontinu antara peserta kunjungan dengan pihak Esri Indonesia. Hal tersebut tentunya menjadikan peserta semakin paham dengan materi yang dibawakan oleh Esri. Setelah pemaparan pembuka terkait sepak terjang Esri Indonesia oleh Solution Engineer Education An Nisaa Citra Hasanah, peserta dibawa untuk mengenal pengalaman alumni Fakultas Geografi yaitu Satria Tesa Vici Andi dalam program magangnya di Esri Indonesia. 

Beralih ke acara utama yaitu pengenalan teknologi di Esri Indonesia, peserta dibebaskan untuk memilih booth interaktif yang sudah disediakan oleh tim Esri. Empat booth tersebut merupakan booth GeoAI, What’s New in ArcGIS, Mobile Apps, dan BIM & ArcGIS Indoors. Peserta kunjungan secara aktif menyimak paparan dari tim Esri dan berbagi pengalaman dalam penggunaan layanan Esri, diantaranya yaitu ArcMap, ArcGIS Pro, dan ArcGIS Survey123.

Sesi interaktif di booth GeoAI
Sesi interaktif di booth Mobile Apps
Sesi interaktif di booth What's New in ArcGIS
Sesi interaktif di booth BIM & ArcGIS
Kunjungan Instansi EGSA 2023 di Esri Indonesia_2

Kegiatan kunjungan EGSA berlanjut ke Dinas Sumber Daya Air (DSDA) Pemprov DKI Jakarta. Merujuk pada laman resmi DSDA Pemprov DKI Jakarta, tugas pokok yang dilaksanakan oleh DSDA Provinsi DKI Jakarta adalah menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang pekerjaan umum dan penataan ruang pada sub urusan sumber daya air, sub urusan air minum, sub urusan air limbah, sub urusan drainase, dan urusan pemerintahan bidang energi dan sumber daya mineral pada sub urusan geologi. Keterdapatan irisan antara kompetensi geograf dengan ruang gerak DSDA Pemprov DKI Jakarta merupakan salah satu pertimbangan pemilihan instansi tujuan ke DSDA Pemprov DKI Jakarta.

Sambutan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Sumber Daya Air DSDA Provinsi DKI Jakarta, Nugraharyadi (Meidi)
Diskusi dengan Sub-koordinator Bidang Pengendalian Banjir dan Drainase Ir. Maman Supratman,S.T,M.Sc

Sambutan hangat dihaturkan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Sumber Daya Air DSDA Provinsi DKI Jakarta Nugraharyadi (Meidi). Turut hadir dalam pertemuan ini antara lain, Sub-koordinator Bidang Pengendalian Banjir dan Drainase Ir. Maman Supratman,S.T., M.Sc dan segenap jajaran di Dinas Sumber Daya Air Pemprov DKI Jakarta. Kunjungan bertempat di Ruang Rapat I DSDA Provinsi DKI Jakarta Gedung Dinas Teknis Jatibaru Lantai 7. 

Sebagai pengantar, peserta dikenalkan dengan cara kerja instalasi pengolahan air termasuk di dalamnya isu strategis dalam penanganan sumberdaya air. Pada kesempatan ini, peserta kegiatan Kunjungan Instansi berkesempatan mengenal fokus bidang yang dikelola oleh DSDA Provinsi DKI Jakarta. Bidang tersebut adalah Bidang Pengendalian Banjir dan Drainase, Bidang Geologi, Konservasi Air Baku, dan Penyediaan Air Bersih, Bidang Pengelolaan Air Limbah, serta Bidang Pengendalian Rob dan Pengembangan Pesisir Pantai.

Melalui kegiatan kunjungan ke DSDA Provinsi DKI Jakarta, peserta kegiatan mengetahui lebih dalam terkait perkembangan penanganan isu strategis sumberdaya air yang sudah, sedang, dan akan dikembangkan oleh DSDA Pemprov DKI Jakarta. Peserta kegiatan diperkenalkan secara langsung terhadap berbagai program DSDA, diantaranya yaitu Ruang Limpah Sungai di Brigif, Lebak Bulus, dan Pondok Ranggon, pembangunan pompa air, pembangunan polder, JSS (Jakarta Sewage System), dan program integrasi NCID. 

Sesi diskusi di DSDA Pemprov DKI Jakarta

Kunjungan Instansi ke Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta mengenalkan kepada peserta kegiatan terkait penerapan ilmu terkait pengelolaan sumberdaya air. Pada kesempatan ini, peserta kegiatan juga diajak untuk melihat isu aktual yang kerap ditemui di lapangan. Pertemuan hangat ini ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari EGSA, Departemen Geografi Lingkungan, dan DSDA Provinsi DKI Jakarta. 

Kunjungan Instansi EGSA 2023 di DSDA Pemprov DKI Jakarta_2
Kunjungan Instansi EGSA 2023 di Dinas CKTRP Jakarta_1

Berkaitan dengan integrasi sistem data pada tingkat pemerintahan, EGSA berkesempatan untuk belajar mengenai pengelolaan dokumen dan perijinan penting dari jajaran Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta. EGSA disambut hangat oleh Kepala Bidang Pertanahan dan Informasi Geospasial DCKTRP Provinsi DKI Jakarta Heri Purwanto, Ketua Subkelompok Informasi Geospasial Dasar dan Tematik Dinas CKTRP Provinsi DKI Jakarta Ignatius Yudhi Nurcahyo, S.T., M.S.i., Kepala Satuan Pelaksana Integrasi Sistem dan Basis Data Geospasial Dinas CKTRP Provinsi DKI Jakarta Lilis Chodijah, S. Si., dan segenap jajaran Dinas CKTRP Provinsi DKI Jakarta.

Sambutan dan pemaparan oleh Kepala Bidang Pertanahan dan Informasi Geospasial DCKTRP Provinsi DKI Jakarta Heri Purwanto dan Ketua Subkelompok Informasi Geospasial Dasar dan Tematik Dinas CKTRP Provinsi DKI Jakarta Ignatius Yudhi Nurcahyo, S.T., M.S.i.,
Pemaparan oleh Kepala Satuan Pelaksana Integrasi Sistem dan Basis Data Geospasial Dinas CKTRP Provinsi DKI Jakarta Lilis Chodijah, S. Si

DCKTRP melalui platformnya, yaitu Jakarta Satu, mengintegrasikan GIS dengan DMS, sehingga pengelolaan data geospasial dapat diproses secara efisien. Integrasi data yang diwujudkan dalam portal Jakarta Satu menjadikan portal ini juga diperkenalkan pada peserta kegiatan dalam kunjungan di instansi pertama, yaitu Esri Indonesia. Hal ini juga mengantarkan portal Jakarta Satu pada penghargaan Geo Innovation Awards 2023 oleh Esri Indonesia.

Sesi diskusi di Dinas CKTRP Jakarta
Sesi diskusi di Dinas CKTRP Jakarta

Paparan yang diterima oleh peserta kunjungan ke Dinas CKTRP Provinsi DKI Jakarta memberi banyak pengetahuan baru yang tidak dijumpai melalui pertemuan klasikal di ruang kelas. Melalui kesempatan ini, peserta kegiatan mendengar langsung terkait implementasi dan integrasi data menggunakan GIS pada tingkat pemerintahan oleh para ahli di bidangnya. Wawasan baru terkait perkembangan perencanaan kota di DKI Jakarta yang sudah dikembangkan oleh Dinas CKTRP Provinsi DKI Jakarta ini sejalan dengan motivasi utama yaitu Sukses Jakarta untuk Indonesia.

Kunjungan Instansi EGSA 2023 di Dinas CKTRP Jakarta_2
Kunjungan Instansi EGSA 2023 di BRGM Indonesia_1

Kegiatan kunjungan di hari pertama, Selasa 18 Desember 2023, ditutup dengan hangat melalui kunjungan pada Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Indonesia. Peserta disambut secara luring oleh Kepala Sub Kelompok Kerja Kerjasama BRGM Erna Ika Rahayu, S.Hut, M.Sc. dan Kepala Kelompok Kerja Teknik Restorasi BRGM Agus Yasin, S.Hut., M.Si. serta bergabung secara daring yaitu Kepala Kelompok Kerja Rehabilitasi Mangrove Wilayah Kalimantan dan Papua Agung Rusdiyatmoko, S.Si., M.Sc. dan Bapak Giri Suryanta. Pada kunjungan ini, peserta kunjungan berkesempatan bertemu dengan beberapa alumni Geografi Lingkungan yang kini mengembangkan karirnya di BRGM Indonesia.

Sambutan dan pemaparan oleh Kepala Sub Kelompok Kerja Kerjasama BRGM Erna Ika Rahayu, S.Hut, M.Sc. dan Kepala Kelompok Kerja Teknik Restorasi BRGM Agus Yasin, S.Hut., M.Si
Sambutan dan pemaparan oleh Kepala Kelompok Kerja Rehabilitasi Mangrove Wilayah Kalimantan dan Papua Agung Rusdiyatmoko, S.Si., M.Sc.
Sambutan oleh Bapak Giri Suryanta

Kepala Sub Kelompok Kerja Kerjasama BRGM Erna Ika Rahayu, S.Hut, M.Sc. dan Kepala Kelompok Kerja Teknik Restorasi Agus Yasin, S.Hut., M.Si. mengenalkan porsi BRGM dalam program percepatan rehabilitasi mangrove dan restorasi gambut. Pada kunjungan ini, peserta berkesempatan memperoleh wawasan baru terkait mangrove dan gambut, aksi nyata restorasi dan rehabilitasi di lapangan, beserta tantangan yang kerap dijumpai di lapangan. Pihak BRGM mengenalkan pada peserta terkait perkembangan tugas BRGM, transparansi penyajian data oleh BRGM, dan integrasi penyajian data dan informasi restorasi gambut di 7 provinsi prioritas dan rehabilitasi mangrove di 9 provinsi prioritas BRGM.

Sesi diskusi dan pemaparan materi di BRGM Indonesia

Berbagai portal informatif yang dikelola oleh BRGM mengantarkan peserta kegiatan pada contoh aplikatif dari integrasi data secara spasial dan temporal. Kunjungan EGSA ke BRGM juga diwarnai oleh pengalaman beberapa alumni Geografi Lingkungan yang hadir di ruangan secara luring. Melalui kunjungan ini, 25 peserta kegiatan berkesempatan menilik lebih dalam terkait irisan kompetensi geograf dengan ruang gerak BRGM. 

Kunjungan Instansi EGSA 2023 di BRGM Indonesia_2
Kunjungan Instansi EGSA 2023 di BRGM Indonesia_3
Kunjungan Instansi EGSA 2023 di BNPB_1

Rangkaian kegiatan Kunjungan Instansi berlanjut di hari ke-2 yaitu Selasa, 19 Desember 2023. Kunjungan selanjutnya bertempat di Direktorat Pemetaan dan Evaluasi Risiko Bencana (PERB) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Direktur Pemetaan dan Evaluasi Risiko Bencana Dr. Ir. Udrekh, S.E., M.Sc menyambut dan mengenalkan peserta kegiatan terkait peran PERB dalam upaya Pengurangan Risiko Bencana.

Sambutan oleh Direktur Pemetaan dan Evaluasi Risiko Bencana Dr. Ir. Udrekh, S.E., M.Sc

Pada kesempatan ini, Direktur Pemetaan dan Evaluasi Risiko Bencana Dr. Ir. Udrekh, S.E., M.Sc menggarisbawahi terkait pentingnya pemahaman komprehensif seorang geograf atas aspek fisik dan sosial dalam mengkaji isu kebencanaan. Peserta dikenalkan dengan actionable insight dari direktorat terkait, seperti pada pengembangan platform inaRISK dan aplikasi inaRISK personal. Berbagai capaian PERB dalam PRB juga dikenalkan pada kegiatan ini. 

Keingintahuan peserta kegiatan yang didasari oleh materi kebencanaan yang sudah diperoleh melalui kegiatan akademik menjadi pemantik diskusi dua arah pada kunjungan kali ini. Kebaharuan informasi kebencanaan juga merupakan salah satu bahasan diskusi. Peserta berkesempatan berbagi pengalaman kegiatan penelitian terkait kebencanaan dan memperoleh feedback secara langsung dari Direktur Pemetaan dan Evaluasi Risiko Bencana Dr. Ir. Udrekh, S.E., M.Sc. 

Sesi diskusi di BNPB

Kunjungan Instansi EGSA 2023 di BNPB_2

Kunjungan Instansi EGSA 2023 menjadi kesempatan dalam pengayaan wawasan dan pengetahuan terkait dunia kerja utamanya yang berkaitan dengan bidang ilmu Geografi Lingkungan. Ucapan terima kasih kami haturkan kepada Pembina EGSA Dr. Emilya Nurjani, S.Si., M.Si. dan segenap jajaran instansi tujuan yaitu Esri Indonesia, Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta, Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Indonesia, serta Dit. Pemetaan dan Evaluasi Risiko Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia. Berjalannya rangkaian kegiatan Kunjungan Instansi EGSA 2023 dengan baik tidak lepas dari ijin dan kerja sama seluruh pihak.

Terima kasih kepada seluruh anggota divisi Publikasi dan Informasi Jaringan (PIJ) atas dedikasi energi dan waktu untuk mewujudkan terlaksananya kegiatan ini. Terima kasih atas antusiasme dan partisipasi aktif dari seluruh peserta kegiatan sepanjang kegiatan kunjungan.

#PIJ23 #INSTANSI23 #ESRI #DSDA #DCKTRP #BRGM #BNPB