EGSAFAIR merupakan sebuah rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Geografi Lingkungan atau Environmental Geography Student Association (EGSA), Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada. Tema besar yang diangkat pada EGSAFAIR tahun 2023 ini yaitu “Protect Our Environment From Plastic Pollution Toward A More Sustainable Earth”. Tema tersebut sesuai dengan tema besar World Environment Day 2023 yang digagas oleh United Nations Environment Program (UNEP) yang berfokus pada solusi pengurangan sampah plastik dengan kampanye #BeatPlasticPollution. EGSAFAIR selaku kegiatan di bawah naungan departemen Geografi Lingkungan harapannya dapat ikut serta dalam menyukseskan kampanye pengurangan sampah plastik untuk menjaga keberlanjutan bumi.

Rangkaian kegiatan yang digelar dalam EGSAFAIR 2023 meliputi:

  • EGSA Essay Competition (EEC)

    EGSA Essay Competition (EEC) merupakan perlombaan yang ditujukan bagi pelajar SMA/SMK/MA sederajat untuk mengungkapkan dan merespons permasalahan yang sedang berkembang di masyarakat diikuti opini sebagai tanggapan atas fenomena/fakta. Perlombaan ini dilaksanakan secara daring dari 7 Agustus hingga 11 November 2023 dengan rangkaian kegiatan berupa pendaftaran, pengumpulan essay, penjurian, dan pengumuman. Subtema yang dikaji dalam EGSA Essay Competition (EEC) yaitu Ekonomi, Lingkungan, Sosial Budaya, Energi Terbarukan, Education, Climate, Pertanian, Ketahanan Pangan, Pariwisata. Kegiatan EEC diikuti oleh 80 tim dari SMA/SMK/MA sederajat meliputi SMA/SMK/MA dari berbagai kota seperti Yogyakarta hingga Manado.

  • Photography Competition

    Photography Competition merupakan perlombaan yang ditujukan untuk masyarakat umum dan bertujuan untuk mengasah kreativitas pemuda dalam mengeksplorasi fenomena alam maupun sosial dan mengabadikannya dalam bentuk visual (gambar). Perlombaan ini dilaksanakan secara daring dari 7 Agustus hingga 11 November 2023 dengan rangkaian kegiatan berupa pendaftaran dan pengumpulan karya, penjurian, pameran, lalu pengumuman. Kegiatan Photography Competition diikuti oleh 52 peserta dari masyarakat umum se-Indonesia yang berasal dari berbagai kota seperti Yogyakarta hingga Bali.

  • EnviDay

    EnviDay merupakan perlombaan yang bertujuan untuk mengenalkan sekaligus mengembangkan kepekaan terhadap lingkungan sosial maupun lingkungan alam, utamanya mengenai pengelolaan sumberdaya, potensi wisata, dan ancaman kerusakan di lokasi pelaksanaan EnviDay dari sudut pandang geografi. Kegiatan ini dilaksanakan di Garden Village, Turen, Kabupaten Sleman dengan diikuti oleh 16 tim dari SMA/SMK/MA sederajat meliputi yang berasal dari berbagai kota seperti Yogyakarta hingga Bojonegoro. Kegiatan ini berisikan overview kajian geomorfologi dan hidrologi, Envicourse dengan konsep semi-orientering, wrap-up materi metode post test, dan ditutup dengan games.

  • Clean-Up Day

    Clean-up Day merupakan kegiatan yang bertujuan mengedukasi peserta dan memberikan aksi nyata kepada lingkungan dengan membersihkan objek wisata dari sampah plastik disertai cara pemilahan jenis sampahnya. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, utamanya di objek wisata, mendorong kami untuk merencanakan kegiatan ini guna terciptanya kenyamanan dan kebersihan di lingkungan objek wisata. Kegiatan Clean-Up Day dilaksanakan pada hari  Minggu, 5 November 2023 di Alun-alun Kidul Yogyakarta. Pelaksanaan Clean-Up Day juga bekerja sama dengan pihak Trash Hero Yogyakarta dan EIGER dalam melakukan pengambilan sampah di Alun-alun Kidul Yogyakarta.

  • EXOSFAIR

    EXOSFAIR merupakan puncak dari rangkaian kegiatan EGSAFAIR 2023 yang berfokus pada tujuan edukasi, apresiasi karya, dan branding yang diwadahi oleh Mahasiswa Geografi Lingkungan dan civitas akademika geografi. Kegiatan EXOSFAIR dilaksankan pada hari Sabtu, 11 November 2023 di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada. Kegiatan ini berbentuk education expo yang diikuti oleh berbagai instansi dan komunitas yang berguna untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait bidang ilmu geografi, meliputi BIG, BMKG Klimatologi Mlati, BAPPEDA DIY, Parangtritis Geomaritim Science Park, PSLH UGM, Stasiun Meteorologi Kelas II Yogyakarta, Stasiun Geofisika Sleman, Byebye Plastic Bags Jogja, Gamaforce, dan BBWS Serayu Opak. Selain expo, terdapat pula kegiatan Talkshow yang merupakan event dari Himpunan Mahasiswa Geografi Lingkungan (EGSA) dengan pembicara dari KARTAMANTUL Secretariat dan Trash Hero Yogyakarta.