Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu misi yang hendak dicapai oleh Departemen Geografi Lingkungan dalam mewujudkan visi yang dimiliki. Dalam rangka mewujudkan pengabdian kepada masyarakat diperlukan keterlibatan dari semua kalangan civitas akademika Departemen Geografi Lingkungan. Charity Day 2019 merupakan salah satu kegiatan pengabdian yang diadakan oleh Divisi Pengabdian Lingkungan Masyarakat dan Divisi Penelitian & Pendidikan, Environmental Geography Student Association (EGSA). Charity Day 2019 dilaksanakan pada hari Minggu, 17 November 2019 di Dusun Gemahan, Desa Ringinharjo, Bantul.

Kegiatan Charity Day EGSA tahun 2019 diawali dengan adanya pelaksanaan senam pagi yang dipimpin oleh instruktur senam. Kegiatan iini diikuti oleh masyarakat Dusun Gemahan khususnya ibu-ibu dan juga anak-anak. Selain itu, kegiatan lain yang juga dilakukan ialah sarapan pagi bersama dan juga membagikan doorprize kepada peserta kegiatan yang bisa menjawab soal-soal yang disediakan panitia. Doorprize yang disediakan berupa sembako yang diwadahi dengan menggunakan tas kain. Kegiatan berlangsung sangat semarak dan penuh semangat dari peserta kegiatan untuk mendapatkan doorprize.

Tema besar yang diangkat pada Charity Day 2019 masih seputar sampah plastik, khususnya penggunaan kantong kresek plastik sekali pakai. Upaya pengurangan sampah plastik dilakukan melalui serangkaian kegiatan edukasi kepada masyarakat. Bentuk edukasi yang diberikan berupa materi dan aksi mewarnai tas kanvas yang ditujukan kepada anak-anak di sekitar Dusun Gemahan.

Materi edukasi disampaikan dengan menggunakan sarana video dan pertanyaan menarik bagi anak-anak. Dalam kegiatan ini, juga disediakan hadiah berupa botol minum menarik bagi anak-anak yang mampu memberikan berbagai contoh dampak dan upaya pengurangan sampah plastik.

Kegiatan Charity Day 2019 diakhiri dengan kegiatan berupa mewarnai tas kanvas. Anak-anak di sekitar Dusun Gemahan merupakan target utama kegiatan ini. Melalui kegiatan ini, anak-anak di Dusun Gemahan mampu menuangkan berbagai macam ide menarik untuk mewarnai dan menghias tas kanvas yang disediakan. Setelah semua tas selesai diwarnai, maka setiap tas akan diisi oleh berbagai macam jajanan yang telah disediakan. Selain itu, dalam kegiatan mewarnai tas kanvas ini juga dipilih 3 anak dengan karya terbaik yang selanjutnya diberikan hadiah.

Berbagai rangkaian kegiatan Charity Day 2019 mulai dari senam, sarapan bersama, pembagian doorprize bagi ibu-ibu, edukasi pengurangan sampah plastik, dan mewarnai tas kanvas diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi lingkugan di Dusun Gemahan. Salah satu dampak positif yang diharapkan adalah meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mulai mengurangi penggunaan sampah plastik. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menggugah semangat bagi seluruh kaum muda dan anak-anak untuk menggencarkan aksi bebas sampah plastik demi terwujudnya bumi yang lestari.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.