Menembus Batas Prestasi: Dampak Clash of Champions pada Dunia Pendidikan Indonesia

Oleh:

Desti Rana Khairunnisa

Ovi Vidhia Ningrum

Sumber : Instagram.com

Clash of Champions (COC) merupakan sebuah game show pendidikan yang diselenggarakan oleh Ruangguru dan kini menjadi fenomena menarik dalam dunia pendidikan Indonesia, baik secara popularitasnya di masyarakat maupun dampak yang ditimbulkannya. Acara ini menampilkan persaingan antar mahasiswa berprestasi dari berbagai universitas dalam negeri maupun luar negeri. Para peserta yang terpilih berasal dari berbagai jurusan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang sangat tinggi menegaskan dedikasi dan kecerdasan mereka dalam bidang studi masing-masing. Selain menguji kemampuan akademik, COC juga berfungsi sebagai platform untuk menanamkan nilai-nilai penting seperti kerja sama tim, keberanian dalam menghadapi tantangan, dan kedisiplinan.

Nilai IPK yang dimiliki oleh setiap peserta seringkali membuat penonton terkesima dan gagal fokus. Nilai tersebut bukanlah hasil kebetulan, melainkan merupakan buah dari strategi belajar yang terencana dan disiplin. Mencatat dengan lengkap dan terstruktur setiap materi yang disampaikan oleh dosen dapat digunakan sebagai referensi belajar. Kemudian, rutinitas belajar yang konsisten dengan cara mengalokasikan waktu setiap hari untuk memahami dan menguasai materi kuliah secara bertahap sehingga terhindar dari metode belajar kebut semalam yang seringkali dianggap kurang efektif. Melalui berbagai strategi belajar yang tepat, kualitas pemahaman dan kinerja akademis setiap individu dapat menghasilkan nilai IPK yang tinggi.

Ruangguru sendiri berhasil menunjukkan kontribusinya dalam dunia pendidikan Indonesia karena berhasil menciptakan acara yang memperlihatkan bahwa belajar dapat dilakukan dengan menyenangkan dan kompetitif pada sisi yang baik. Peserta yang tergabung dalam acara ini dapat menunjukkan kemampuan akademis mereka sehingga generasi muda menjadi lebih terpacu untuk berprestasi dalam bidang akademik. Selain itu, terdapat beberapa dampak positif yang ditimbulkan seperti mampu membentuk karakter yang ditunjukkan oleh para peserta saat memecahkan soal yang rumit dalam durasi singkat dengan tenang dan berpikir kritis. Karakter tersebut dapat timbul karena sudah terbiasa dalam manajemen waktu serta disiplin.

Sumber : Instagram.com

Clash of Champions juga dapat meningkatkan rasa percaya diri baik untuk para peserta maupun penontonnya. Walaupun saling berkompetisi untuk menyelesaikan suatu soal tak menyurutkan rasa percaya diri mereka dan menyerah begitu saja, tetapi mendorong mereka untuk lebih kompetitif. Acara tersebut tak hanya berdampak pada kalangan muda atau pelajar, tetapi juga orang tua dimana para orang tua menjadi lebih memperhatikan perkembangan akademis anak-anaknya. Tidak dapat disangkal pula bahwa peserta acara ini memiliki latar belakang pendidikan yang baik. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi kampus lain untuk mengembangkan potensi mahasiswa mereka agar berprestasi.

Clash of Champion telah berhasil menyadarkan berbagai kalangan betapa pentingnya pendidikan sebagai value penting yang harus dimiliki oleh setiap individu. Melalui kompetisi yang menonjolkan prestasi akademik dan pengembangan keterampilan, acara ini menggaris bawahi bahwa pendidikan bukan sekadar formalitas melainkan fondasi yang esensial untuk meraih kesuksesan. Oleh karena itu, generasi muda diharapkan untuk lebih aware terhadap pendidikan mereka. Pendidikan bukan hanya sekedar memenuhi syarat akademis, tetapi merupakan anak tangga yang membawa mereka menuju impian dan masa depan yang lebih baik. Menyadari pentingnya pendidikan dalam membuka peluang dan membentuk karakter diharapkan generasi mendatang dapat memanfaatkan setiap kesempatan belajar untuk mengoptimalkan potensi mereka dan mencapai tujuan hidup yang diidamkan.

 

DAFTAR PUSTAKA