Sesi Foto Bersama dengan Narasumber

Environmental Geography Student Association atau yang sering disingkat menjadi EGSA telah mengadakan Acara Sharing Alumni yang dikolaborasikan dengan talkshow EGSAmination (EGSA Seminar and Collaboration) dan bekerja sama dengan EGSAFAIR sebagai pemangku acara. Kegiatan tahun ini mengusung tema “Protect Our Environment from plastic Pollution toward A More Sustainable Earth”. Acara ini berlangsung pada Sabtu, 11 November 2023 pada pukul 08.00 WIB – selesai.

Sesi Talkshow oleh Miftahul Jannah, S.Si., M.Sc

Sesi Talkshow oleh Muhammad Habib Syaifullah

Pembicara yang hadir pada acara ini adalah Miftahul Jannah, S.Si., M.Sc. yang merupakan alumni Angkatan 2010 dan saat ini menjabat sebagai Asisten Bidang Program dan Teknis di SEKRETARIAT BERSAMA KARTAMANTUL. Lembaga ini menjembatani terwujudnya kerjasama yang setara untuk mewujudkan perkotaan yang nyaman, indah, dan sehat didukung dengan olah sarana-prasarana dan pelayanan yang memadai, kesadaran dan serta peran masyarakat yang tinggi. Pembicara selanjutnya adalah Muhammad Habib Syaifullah yang saat ini menjabat sebagai Leader Trash Hero Yogyakarta. Trash Hero sendiri merupakan gerakan global berbasis volunteer yang mengajak masyarakat untuk bersama-sama peduli terhadap permasalahan sampah terutama plastic melalui aksi edukasi dan clean up

Sesi Tanya Jawab

Sesi Tanya Jawab

Langkah sederhana yang dapat dilakukan saat ini untuk menangani sampah plastik adalah membawa tas belanja sendiri, menggunakan botol minum dan tempat makan, tidak menggunakan sedotan plastik, mengurangi penggunaan tisu dan kapas, serta menghindari pembalut sekali pakai. Peran mahasiswa geografi dalam upaya menjaga bumi dari sampah plastik ini dapat berupa penelitian dan pemetaan pola distribusi sampah, perencanaan tata ruang dan wilayah untuk mengoptimalkan lokasi penanganan sampah, sebagai educator, dan terlibat langsung dengan komunitas peduli lingkungan.

Mari wujudkan bumi bebas plastik, kalau tidak dari sekarang, kapan lagi? Kalau tidak dimulai dari kita, siapa lagi?