Tidak dapat dibantahkan bahwa alam memberikan citra yang indah sehingga memikat perhatian dari khalayak. Salah satunya adalah pesona pantai yang menghadirkan angin sepoi- sepoi, deburan ombak yang saling bersahutan, serta butir pasir yang membentang sejauh mata memandang. Keelokan dari pemandangan pantai menarik khalayak untuk berkunjung sekadar bersantai, menyalurkan hobi, maupun menambah edukasi. Dapat diartikan bahwa pantai sebagai tempat yang nyaman bagi manusia untuk rehat dari kegiatan duniawi yang penuh ekspektasi. Acapkali manusia lalai akan perannya dalam menjaga alam sehingga bukan salah pantai yang tidak mampu mempertahankan keanggunannya, akan tetapi salah manusia yang tidak memiliki perilaku tanggung jawab. Jika kesadaran serta akal budi manusia berhenti, maka seiring bergantinya hari keindahan pantai tidak akan abadi. Oleh karena itu, perlu adanya generasi maupun relasi untuk menjaga pantai agar tetap asri.

Pantai Pelangi merupakan salah satu pantai pasir hitam yang berada di jajaran Kawasan Parangtritis serta terkenal dengan adanya area penangkaran penyu. Area penangkaran penyu di Pantai Pelangi dimaksudkan untuk menetaskan telur penyu pada tempat khusus. Pantai Pelangi dengan segala keindahan alamnya serta keunikan penangkaran penyu memiliki sisi yang mengkhawatirkan, yaitu banyaknya sampah plastik yang tertimbun di dalam pasir. Tentunya sampah-sampah ini akan mengganggu habitat dari penyu. Jika bukan kita siapa lagi, jika bukan sekarang kapan lagi. Dalam rangka memberikan aksi nyata yang bermanfaat bagi lingkungan dan menambah kesadaran diri serta khalayak dalam menjaga kebersihan lingkungan, maka divisi Pengabdian Lingkungan dan Masyarakat EGSA mengadakan Kampanye Lingkungan. Kampanye Lingkungan dikemas dalam bentuk bersih pantai di Pantai Pelangi. Divisi PLM EGSA tidak hanya mengajak perwakilan dari setiap divisi EGSA tetapi juga mengajak salah satu organisasi pecinta lingkungan, yaitu Green Generation Yogyakarta untuk turut serta dalam kegiatan bersih pantai. Tujuan mengajak khalayak selain untuk menambah relasi adalah meningkatkan kesadaran dalam diri untuk terus menjaga lingkungan serta saling mengingatkan untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari.

Kegiatan bersih pantai dilaksanakan pada Minggu, 4 Juni 2023 dari pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WIB. Pengambilan sampah pada kegiatan bersih pantai tidak dilakukan dengan sembarang, akan tetapi adanya pemilahan sampah. Maka dari itu, pada kegiatan tersebut dibantu oleh salah satu relawan dari 4k Yogyakarta atau Organisasi Konservasi Lingkungan untuk membantu memilah sampah, dimulai dari sampah lembaran, sampah aluminium, sedotan, serta sampah lainnya. Tujuan pengelompokan sampah untuk memudahkan proses keberlanjutan dari sampah, seperti daur ulang. Berdasarkan kegiatan bersih pantai dapat dianalisis bahwa masih banyak manusia dengan kesadaran yang rendah dalam menjaga kebersihan pantai. Hal ini dibuktikan dengan berbagai sampah plastik yang tertimbun di pasir Pantai Pelangi dalam jumlah yang cukup banyak. Adanya sampah plastik yang tertimbun dapat mengganggu habitat penyu, sampah plastik yang tertimbun tidak dapat terurai sehingga merusak keindahan alami dari pantai, serta sampah plastik yang berada di lautan berbahaya jika termakan oleh ikan dan hewan laut sehingga menyebabkan kematian ikan dan hewan laut. Dari hal tersebut, dapat diambil makna bahwa menjaga kebersihan pantai sangatlah penting. Tidak hanya penting bagi keindahan pantai tetapi juga penting untuk keseimbangan habitat ataupun ekosistem disana. Kebersihan pantai juga memberikan efek domino bagi manusia. Jika banyak sampah plastik yang tertimbun di pasir maka dapat berdampak pada penurunan populasi penyu. Berkurangnya populasi penyu berdampak negatif dalam menjaga ekosistem laut. Penurunan ekosistem laut mengakibatkan menurunnya kualitas ikan maupun hewan laut. Sebagai akibatnya nutrisi dalam ikan maupun hewan laut berkurang sehingga ikan dan hewan laut yang dapat dikonsumsi oleh manusia tidak lagi memiliki kandungan gizi yang optimal.

Kegiatan Bersih Pantai Pelangi

Maka dari itu, aksi nyata dari kampanye lingkungan dapat terimplementasikan pada bersih pantai. Pantai Pelangi dapat mengajarkan dan mengingatkan kita untuk menjaga kebersihan pantai dengan bertanggung jawab terhadap diri sendiri serta barang yang kita bawa sehingga tidak menimbulkan permasalahan lingkungan di sekitar pantai. Selain itu, Pantai Pelangi dapat menyadarkan kita bahwa betapa pentingnya kebersihan pantai sebagai habitat penyu, dimana peran dan keberadaan penyu dapat menguntungkan ikan dan hewan laut yang akan berdampak positif terhadap manusia.

Penyerahan Kenang-Kenangan