“Saya suka setiap momen yang tercipta selama kegiatan ekskursi, termasuk beberapa masalah yang harus angkatan kami pecahkan seperti e-budul dan challenge. Tidak ada senioritas dalam ekskursi atau tindakan kekerasan dan mengintimidasi mahasiswa junior. Dalam ekskursi, kami bebas mengenal satu sama lain. Secara keseluruhan Ekskursi sudah ‘gayeng’, namun saya sebenarnya mengharapkan kegiatan yang lebih mengharukan di malam puncak kemarin” komentar Jendra, ketua Angkatan Geografi Lingkungan 2019 mengenai kegiatan Ekskursi 2019 yang telah terselenggara.

Ekskursi 2019 merupakan rangkaian kegiatan pengenalan Departemen Geografi Lingkungan beserta keilmuan geografi kepada mahasiswa baru. Tujuan kegiatan Ekskursi 2019 diantaranya (1) Membentuk pribadi yang unggul dalam karakter, pengetahuan, dan keterampilan; (2) Mengenalkan program studi Geografi Lingkungan kepada mahasiswa baru; dan (3) Menumbuhkan jiwa paseduluran dalam dan antar angkatan. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja tahunan Divisi Penelitian dan Pendidikan Environmental Geography Student Assosciation (EGSA) yang dikoordinasikan bersama panitia dari mahasiswa terkait, yaitu mahasiswa Geografi Lingkungan angkatan 2018.

Kegiatan Ekskursi 2019 terdiri dari rangkaian kegiatan yang panjang. Rangkaian kegiatan Ekskursi berlangsung bulan Agustus 2019 hingga Februari 2020. Kegiatan ini terdiri dari kegiatan First Gathering, Mini Orientering, Kepemanduan rutin, Malam Santuy, Envi Course and Fieldwork (ECF), dan Puncak Ekskursi 2019. Selama rangkaian kegiatan Ekskursi 2019, mahasiswa dibagi dalam 10 kelompok. Nama kelompok tersebut diambil dari nama 10 bentuklahan, diantaranya Struktural, Vulkanik, Aeolian, Anthropogenik, Fluvial, Glasial, Organik, Denudasional, Marine, dan Solusional. Geografi Lingkungan 2019 sebagai peserta diharapkan dapat mengenal satu sama lain dan mengenal Geografi Lingkungan Angkatan di atasnya melalui perantara e-budul atau Electronic Buku Dulur. E-budul merupakan drive yang berisi biodata hasil perkenalan dan dokumentasi kegiatan yang telah mereka ikuti selama rangkaian kegiatan Ekskursi 2019.

Rangkaian kegiatan Ekskursi Geografi Lingkungan 2019 diakhiri dengan kegiatan Puncak Ekskursi 2019. Kegiatan Puncak Ekskursi 2019 bertemakan “Berproses Bersama Wujudkan Paseduluran yang Nyata” telah terselenggara dengan sukses di Hutan Pendidikan Wanagama UGM. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu – minggu, 22 – 23 Februari 2020. Peserta kegiatan Ekskursi 2019 adalah mahasiswa Geografi Lingkungan Angkatan 2019, yaitu sebanyak 106 mahasiswa dengan total kehadiran 101 mahasiswa.

Foto Bersama Kegiatan Puncak Ekskursi 2019

Kegiatan Puncak Ekskursi 2019 terdiri dari kegiatan pemberian materi Safety Riding oleh Kapolsek Playen, pemberian materi Survival oleh Paskhas, kegiatan pentas seni di hari pertama dan penyematan korsa, kegiatan tracking serta awarding di hari kedua. Kegiatan-kegiatan tersebut berjalan lancar dan disambut antusias oleh peserta, yaitu mahasiswa Geografi Lingkungan Angkatan 2019.

Materi Safety Riding oleh Kapolsek Playen

Penyematan Korsa mahasiswa Geografi Lingkungan Angkatan 2019

Penyematan Korsa mahasiswa Geografi Lingkungan Angkatan 2019

Categories: Berita EGSA

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.